Wonogiri Under Cover  

Posted by LOCAL DISK C






Mengenal Kota Wonogiri bukan hanya dari makanan Khasnya saja. Namun dibalik itu semua, Kota Wonogiri memiliki sarat kebudayaan,tradisi, dan keunikan lainya. " Kota Gaplek " adalah sebutan masyarakat sekitar kota Wonogiri. Mungkin masyarakat di desa2 pelosok kota wonogiri gemar makan Gaplek. Gaplek adalah makanan olahan dari singkong, Ada yg menyebut juga " Nasi Tiwul" .

Di Kota jakarta, Kota Wonogiri sudah

tak asing lagi… Karena Lebih dari seperempat pekerja di Jakarta adal berasal dari Wonogiri. Mulai dari penjual mie, Bakso, Sopir,buruh, pegawai, dll. Yah.. Karena sebagian penduduk kota wonogiri merantau nasibnya ke Jakarta.. Dan Kebanyakan Menjadi Pedagang Bakso.

Maka tak heran jika Kota Wonogiri terkenal dengan Baksonya yg enak dan khas. Teman saya yang dari jogja, penas

aran ingin merasakan nikmatnya bakso dari wonogiri. Haha… entah mengapa orang2 wonogiri pandai membuat bakso. Padahal B

akso bukanlah berasal dari wonogiri. Hmm.. Ternyata Orang2 Wonogiri pandai memasak.


Selain Kekayaan Kuliner, wonogiri juga punya tempat2 unik. Sebut saja "Gunung Gandul", gunung yang berada di Tengah kota wonogiri. Yang Punya batu besar di puncaknya. Lalu "Waduk Gajah Mungkur" yg jadi sumber mata air Sungai Bengawan Solo , tp aneh orang-orang bilang Sungai Bengawan Solo itu mata airnya dari Solo. Padahal Mata Airnya dari Wonogiri…


***


(Pintu air waduk Gajah Mungkur Wonogiri)



4 km ke arah barat daya wonogiri kota, sebuah gunung yg bernama bukit joglo memiliki keindahan alam yg.. Wew.. Keren banget.

Di pakai untuk "gantole" atau terbang layang. Tempatnya tak begitu jauh. Jalan raya ke wuryantoro-wonogiri km 4.maka di kanan kita ada gunung yg mengitari waduk gajah mungkur. Itulah bukit joglo.

Warga wonogiri banyak yg tidak tau namanya. Namun mereka menyebutnya " Gunung Gantole"

Gunung yg tepat di samping pusat kota wonogiri, yg terlihat megah tak lain adalah "g

Unung Gandul" juga wsata yg unik. Ga lengkap rasanya klo berkunjung ke wonogiri tidak naik ke gunug ini.. :)

Tempat populer lainya di wonogiri yg paling di gemari dan tersohor adalah "waduk Gajah Mungkur"

Wew.. Selain buat mesum, dan tempat Off Road, motorail, jg cocok buat cuci mata atau melepas penat warga wonogiri.

Mampirlah kesini. 2km ke arah selatan dari pusat kota wonogiri. Gratis loh!

Jika minggu pagi, "Waduk Gajah Mungk

ur" atau "Plasa" jika orang wonogiri menyebutnya, sangatlah ramai. Orang-orang yg ber olahraga pagi, penjual bubur ayam, tempura, soto, dll berkumpul di sini. Datanglah jam 6 pagi… :)

***



(pasar wonogiri)


Masih banyak wisata kota wonogiri, air terjun "Girimanik", Plintheng Semar, Taman Ekodayawilaga, Alas Ketu, dan obyek wisata yg setengah jadi dan ditinggalkan, Wisata Karang Tengah, wonogiri.

Berkunjunglah, jelajahi kota wonogiri….


Wassalam….


This entry was posted on 4:50 AM and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments